MATERI PEMBELAJARAN
Hari
:
SENIN-JUM’AT
Tanggal
: 26
September 2022
Kelas
:
IV C dan A
Materi Pembelajaran : Teknik
Dasar Lari
Tujuan Permainan : semangat,
percaya diri dan disiplin
Jumlah Peserta : Satu
Kelas (perorangan)
Alat
yang dipakai : Pluit,
Stop Wact, bendera
Tempat yang
digunakan : Lapangan
Dalam
berlari, unsur kecepatan harus seimbang dengan katahanan. Apabila giat
berlatih, seorang pelari akan mampu berlari dengan cepat dan konsisten.
1. Berlari
dengan Konsisten dan Lancar dalam Berbagai Kecepatan
Latihan dalam ini dapat dilakukan dengan
langkah-langkah sebagai berikut :
a.
Buatlah dua garis
yang berjarak 40 meter. Garis pertama disebut garis start, sedangkan garis
kedua disebut garis finis.
b.
Tancapkan bendera
hijau pada garis start, berjalanlah ke depan sejauh 10 meter. Tancapkan bendera
kuning lurus dengan bendera hijau. Selanjutnya, tancapkan bendera merah dalam
jarak 20 meter dari bendera kuning. Tancapkan bendera hijau kedua pada pada
garis finis.
c.
Mintalah tiga orang
temanmu untuk berjongkok di antara rentang jarak bendera-bendera tersebut.
Tugasnya adalah menghitung jumlah langkah-langkah pada rentang jarak yang ada.
d.
Selanjutnya, berdiri
di belakang garis start dan mulai berlari cepat dalam irama peningkatan
kecepatan yang berbeda-beda (makin lama makin cepat).
e.
Setelah sampai pada
garis finis, tanyakan berapa jumlah langkahmu pada setiap rentang jarak kepada
temanmu (sesuai posisinya).
f.
Catatlah jumlah yang
disebutkan oleh temanmu.
g.
Gantikan salah satu
posisi dan tugas temanmu. Mintalah ia untuk melakukan latihan dengan cara
seperti yang telah kamu lakukan.
h.
Setelah seluruh
temanmu selesai melakukannya, ulangilah latihan tersebut sesuai dengan urutan
yang ada.
i.
Usahakan jumlah
langkah pada setiap rentang jarak selalu sama untuk setiap kesempatan
j.
Apabila terjadi
perbedaan, hendanya yang bersifat peningkatan jumlah
2. Mengatur
Irama Langkah dan Pernapasan Saat Lari
Latihan dalam ini dapat dilakukan dengan
langkah-langkah sebagai berikut :
a.
Buatlah kelompok latihan beranggotakan enam orang yang
memiliki kemampuan hampir sama.
b.
Buatlah formasi barisan dua berbanjar. Barislah sejauh 1
kilometer di jalan perkampungan yang sepi di lingkungan sekitar sekolahmu.
c.
Pada saat berlari, irama langkah diusakan sama dengan
aba-aba ”kiri-kiri” atau ”kanan-kanan” yang diteriakkan bersama-sama.
d.
Irama kecepatan lari pun juga diatur, misalnya pada jarak
0 – 200 meter iramanya lambat, 200 – 800 meter iramanya sedang, dan 800 – 1.000
meter iramanya lebih cepat
---ooOoo---
Tidak ada komentar:
Posting Komentar