Selasa, 17 Oktober 2023

KISI KISI PENILAIAN TENGAH SEMESTER KELAS 5, KAMIS,19 OKTOBER 2023

                                                    MATERI PEMBELAJARAN

Hari                               : Kamis

Tanggal                         : 19 oktober 2023

Kelas                             : V 

Sekolah                         : Sd Al Azhar 1 Bandar Lampung

TEMA                           :  KISI KISI

Jumlah pemain sepak bola adalah 11 orang dalam satu regu atau tim.

Lama permainan sepak bola normal adalah 2 × 45 menit, ditambah istirahat selama 15 menit di antara kedua babak.

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (disingkat PSSI, bahasa Inggris: Football Association of Indonesia) adalah organisasi yang bertanggung jawab mengelola sepak bola di Indonesia. PSSI berdiri pada tanggal 19 April 1930, dengan nama awal Persatuan Sepak Raga Seluruh Indonesia.

Menendang bola adalah gerakan mengayunkan kaki ke arah bola dengan bagian kaki tertentu.

Teknik dasar bola voli yang paling wajib dipelajari adalah serving atau service. Serving atau service adalah pukulan awal yang dilakukan pemain untuk melambungkan bola ke arah tim lawan. Teknik ini pun menandai permainan telah dimulai.

Olahraga bola voli mini berbeda dengan permainan bola voli pada umumnya karena dalam permainan bola voli mini ini jumlah pemain yang dibutuhkan dalam satu regu 4 orang pemain dengan 2 cadangan dan pertandingan dua set kemenangan , 2-0 atau 2-1 (PP. PBVSI, 1995:73)

Mengutip Panduan Peraturan Resmi Bola Voli dari situs PBVSI, ukuran lapangan voli adalah 18 x 9 meter dengan bentuk persegi panjang.

sedangkan di Indonesia dinaungi oleh PBVSI(Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia).

DRIBBLING adalah cara membawa bola dengan memantul- mantulkannya ke lantai yang dapat dilakukan dengan dua tangan atau satu tangan secara bergantian baik sambil berlari cepat maupun setengah berlari.

Jumlah pemain dalam permainan bola basket adalah 5 orang dalam satu regu dengan cadangan 5 orang. Sedangkan jumlah wasit dalam permainan bola basket adalah 2 orang. Wasit 1 disebut referee sedangkan wasit 2 disebut umpire.

Chest Pass adalah teknik passing atau operan yang dilemparkan dari depan dada. Teknik passing ini bisa dibilang menjadi teknik yang paling dasar dalam permainan bola basket. Sebab, chest pass kerap digunakan untuk mengoper bola dalam jarak dekat.

Wasit utama punya kewenangan mutlak sebagai pengatur jalannya permainan.

Olahraga kasti termasuk dalam kelompok permainan bola kecil yang dimainkan oleh 12 orang.

Teknik melempar bola kasti merupakan teknik dasar dalam permainan kasti yang penting dipelajari dan diterapkan. Lemparan dalam bola kasti terdiri dari tiga teknik, yakni lemparan bola mendatar, lemparan bola melambung, dan lemparan bola menyusur tanah.

Posisi kaki pada saat menangkap bola yang datang menyusur tanah adalah

- Badan berdiri tegak dengan posisi menyamping. - Kaki kanan berada di belakang kaki kiri. - Posisi kedua kaki dibuka selebar bahu. - - Salah satu tangan yang membawa bola diarahkan ke depan dan bawah.

Pukulan Mendatar Teknik pukulan ini digunakan jika menginginkan gerak bola sangat cepat, melesat ke depan. Cara melakukannya sebagai berikut: a. Pegang alat pemukul yang akan digunakan pada bagian yang lebih kecil dengan menggunakan satu tangan.

Pergantian tempat antara regu pemukul dan regu penjaga terjadi apabila salah seorang regu pemukul terkena lemparan bola, bola pukulan regu pemukul ditangkap langsung oleh regu penjaga sebanyak 3 kali berturut-turut.

Ya, permainan bola kasti adalah salah satu olahraga yang dilakukan di lapangan secara berkelompok.

Termasuk nomor lompat. Yang terdiri dari lompat jauh, lompat jangkit, lompat tinggi dan lompat galah.

Kategori Perlombaan Lari Estafet Total jarak tempuh dari kategori perlombaan ini adalah 1.600 meter, 400 meter untuk masing-masing pelari. Selain dua kategori di atas, dalam beberapa perlombaan lari non olimpiade juga menyertakan kategori lainnya, yakni lari estafet jarak 800 meter, 3.200 meter, serta 6.000 meter.

Lari sprint atau lari jarak pendek adalah salah satu nomor dalam atletik yang paling bergengsi, pelarinya disebut Sprinter.

Ada tiga nomor lari untuk lari jarak pendek, yaitu lari 200 meter, lari 400 meter, dan lari pendek 100 meter untuk putra dan putri.

Jarak lompatan yang dicatat adalah titik (bekas) pendaratan terdekat di bak pasir ke batas akhir papan lompat.

Dalam olahraga basket, dikenal tiga jenis teknik passing yakni chest pass, bounce pass, dan overhead pass.

Chest pass adalah teknik dasar dalam permainan basket di mana seorang pemain melempar bola dari dada seorang pemain menuju pemain lainnya dengan menggunakan kedua tangan.

Bola tangan adalah salah satu olahraga dalam permainan bola besar yang cara bermainnya mengoper bola dengan tangan ke sesama anggota tim dengan tujuan memasukkan ke gawang lawan.

Melakukan operan dengan dua tangan terbuka di atas kepala dalam permainan bola voli disebut passing atas.

Permainan kasti adalah suatu permainan di lapangan yang menggunakan bola kecil dan pemukul yang terbuat dari kayu.

Beberapa teknik yang harus dilatih untuk melakukan permainan bola kasti adalah teknik melempar bola, teknik menangkap bola, dan teknik memukul bola.

Dalam gelaran Olimpiade, lari jarak pendek diperlombakan dalam tiga kategori: 100 meter, 200 meter dan 400 meter.

Lari estafet adalah salah satu nomor dalam cabang olahraga atletik. Untuk melakukan olahraga ini, dibutuhkan empat orang (pada umumnya) dalam sebuah tim.

Dalam permainan kasti ter- dapat beberapa gerakan yang harus dikuasai agar dapat melakukan permainan dengan baik, yaitu gerak memukul, melambungkan bola, berlari, melempar, dan menangkap bola.

Urutan aba-aba atau tanda start pada perlombaan lari jarak pendek adalah "BERSEDIA", "SIAP", "YA” atau dengan suara tembakan pistol.

Teknik menyundul bola menggunakan kepala bagian depan atau dahi, bukan ubun-ubun kepala. Posisi tubuh pemain harus berada dalam posisi lompat atau berdiri. Pemain dapat diam di tempat tanpa melompat maupun berdiri sambil melompat ketika melakukan sundulan, baik ke depan maupun ke samping.

Atletik merupakan kegiatan fisik atau jasmani yang terdiri dari gerakan-gerakan dasar yang dinamis dan harmonis, yaitu, jalan, lari, lompat, dan lempar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Pembelajaran PJOK KLS 4 Kamisz, 2 Mei 2024

Nama Sekolah   : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung Kelas/Semester     : 4 / 2 Hari/tanggal           : Kamis, 2 Mei 2024 Materi Pembelajaran   : ...