MATERI PEMBELAJARAN
Hari : Kamis
Tanggal : 14 November 2024
Kelas : IV
Sekolah : Sd Al Azhar 1 Bandar Lampung
TEMA : aktivitas senam
MATERI : Senam LantaiDalam Kurikulum Merdeka, siswa kelas 4 SD/MI diharapkan memahami fakta, konsep, dan prosedur, serta mempraktikkan pola gerak dominan senam seperti gerakan keseimbangan menggunakan satu kaki.
Keseimbangan merupakan kemampuan seseorang mengendalikan tubuh sehingga gerakan-gerakan yang dilakukan dapat dimunculkan dengan baik dan benar.
Aktivitas pembelajaran keseimbangan berdiri sikap bangau
Cara melakukannya:
(a) Sikap permulaan siswa berdiri tegak dan rileks.
(b) Salah satu kaki diangkat dengan posisi tangan dipegang secara berlawanan (jika
yang diangkat kaki kanan tangan kiri yang memegang) di belakang bokong.
(c) Lengan kanan diluruskan ke samping.
(d) Siswa diminta untuk melakukan gerakan ini selama 15 detik.
Cara melakukannya:
(a) Sikap permulaan siswa berdiri tegak dan rileks dengan posisi kaki dirapatkan dan kedua lengan direntangkan lurus ke samping.
(b) Kemudian bungkukkan badan sambil meluruskan salah satu kaki kiri atau kanan ke arah belakang.
(c) Arah pandangan lurus ke depan dan pertahankan gerakan ini selama 15 detik.
Aktivitas pembelajaran keseimbangan dengan satu kaki ke depan
Cara melakukannya:
(a) Sikap permulaan siswa berjongkok dengan satu kaki diluruskan ke depan.
(b) Dalam sikap ini siswa mencoba berdiri (atas satu kaki).
(c) Kaki yang diluruskan diusahakan siku-siku terhadap badan.
(d) Kedua tangan/lengan, bebas.
(e) Pembelajaran dilakukan berganti-ganti kiri dan kanan yang diluruskan ke depan.
(f) Siswa diminta untuk melakukan gerakan ini selama 15 detik.
Aktivitas pembelajaran keseimbangan dengan salah satu kaki diluruskan ke belakang
Cara melakukannya:
(a) Sikap permulaan siswa berdiri tegak, kedua kaki dirapatkan.
(b) Kedua lengan direntangkan ke samping, sejajar dengan bahu.
(c) Kemudian luruskan salah satu kaki ke belakang dengan perlahan-lahan.
(d) Badan dicondongkan ke depan dan jaga keseimbangan tubuh.
(e) Usahakan salah satu kaki yang diluruskan ke belakang, setinggi mungkin dan
lutut diluruskan.
(f) Demikian pula lutut kaki tumpu tetap lurus.
(g) Tahan sikap terakhir untuk beberapa saat, baru kembali berdiri atas dua kaki.
(h) Siswa diminta untuk melakukan gerakan ini selama 15 detik.
Aktivitas pembelajaran keseimbangan dengan salah satu kaki diangkat ke samping
Cara melakukannya:
(a) Sikap permulaan siswa berdiri dengan kedua kaki dirapatkan.
(b) Kedua lengan disisi badan.
(c) Angkat satu kaki ke samping.
(d) Satu tangan memegang belakang lutut kaki yang diangkat ke samping (dari sebelah depan lutut).
(e) Tangan yang lain direntangkan lurus serong-atas.
(f) Siswa diminta untuk melakukan gerakan ini selama 15 detik.
Aktivitas pembelajaran keseimbangan dengan satu kaki ke atas
Cara melakukannya:
(a) Sikap permulaan siswa berdiri dengan kedua kaki rapat.
(b) Kedua lengan disisi badan.
(c) Angkat satu kaki dengan lutut bengkok di depan.
(d) Pegang pergelangan kaki tersebut dengan satu tangan.
(e) Rentangkan kaki tersebut ke sisi tanpa tangan melepaskan pergelangan kaki.
(f) Lengan yang lain direntangkan lurus serong-atas.
(g) Siswa diminta untuk melakukan gerakan ini selama 15 detik.
Cara melakukannya:
(a) Sikap permulaan siswa berdiri tegak dan rileks.
(b) Kemudian salah satu kaki diluruskan ke depan, dilanjutkan ke samping, dan ke belakang secara perlahan-lahan.
(c) Selanjutnya bergantian kaki yang diluruskan ke depan, dilanjutkan ke samping, dan ke belakang.
(d) Sikap terakhir ditahan beberapa saat, kemudian kembali tegak atas kedua kaki.
(e) Badan condong mengimbangi kaki yang diluruskan.
(f) Siswa diminta untuk melakukan gerakan ini selama 15 detik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar