Rabu, 03 April 2024

Materi Pembelajaran pjok kls 4 rabu, 3 April 2024

Nama Sekolah   : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung

Kelas/Semester     : 4 / 2
Hari/tanggal           : Rabu, 3 April 2024
Materi Pembelajaran  : Kebugaran Jasmani
Tujuan Pembelajaran : 
1. Peserta didik mampu memahami pengertian olahraga kebugaran jasmani
2.Peserta didik mampu mempraktikkan olahraga kebugaran jasmani


Pernahkah kamu berolahraga lari di pagi hari? Aktvitas tersebut merupakan satu diantara aktivitas yang dapat meningkatkan kebugaran jasmani. Aktivitas kebugaran jasmani bertujuan untuk membuat daya tahan tubuh menjadi lebih bugar, sehat dan kuat. Seseorang yang memiliki tubuh bugar dapat melakukan kegiatan fisik tanpa menimbulkan kelelahan yang berlebihan.

Latihan aktivitas kebugaran jasmani meliputi latihan daya tahan, kekuatan, kelenturan otot, serta latihan kecepatan dan kelincahan.

*Latihan Daya Tahan*

Daya tahan tubuh ialah kemampuan kondisi tubuh untuk beraktivitas dalam waktu lama tanpa disertai kelelahan selama menyelesaikan aktivitas tersebut.

*Latihan daya tahan (endurace)* amat diperlukan  dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Dengan melakukan latihan daya tahan akan membuat tubuh kita menjadi bugar.

Beberapa aktivitas olahraga latihan daya tahan yang dapat dilakukan ialah lari pelan-pelan (jogging), latihan sirkuit seperti berjalan, lari atau lompat,  dan latihan cepat memutari lapangan.

Latihan Kekuatan


Kekuatan merupakan kemampuan otot untuk mengatasi beban. Latihan kekuatan dalam tubuh harus selalu dilakukan karena memiliki manfaat seperti meningkatkan kemampuan otot dan jaringan, mengurangi dan menghindari cedera saat beraktivitas olahraga, membantu mempelajari atau menguasai berbagai gerakan olahraga. 

Untuk melakukan latihan kekuatan dapat dilakukan dengan latihan otot tungkai, latihan kekuatan otot lengan, bahu, dan dada, latihan kekuatan otot perut, dan latihan kekuatan otot punggung. 

Latihan kekuatan otot tungkai dilakukan dengan gerakan seperti naik turun bangku, jongkok berdiri, Half Squat Jump. Latihan kekuatan otot lengan, bahu, dan dada dilakukan dengan gerakan push up, pull up. Latihan kekuatan otot perut dilakukan dengan gerakan sit up dan menekuk kaki ke arah dada. Latihan kekuatan otot punggung dilakukan dengan gerakan back up.

*Latihan Kelenturan*

Latihan kelenturan mengurangi kekakuan persendian tubuh. Latihan kelenturan ini bermanfaat untuk mengurangi cedera saat berolahraga. 

Latihan kelenturan dalam tubuh meliputi kelenturan persendian punggung, lengan, dan leher, kelenturan lutut dengan gerakan , serta kelenturan pergelangan tangan. 

*Latihan Kecepatan dan Kelincahan* 
Latihan Kelenturan

Latihan kelenturan mengurangi kekakuan persendian tubuh. Latihan kelenturan ini bermanfaat untuk mengurangi cedera saat berolahraga. 

Latihan kelenturan dalam tubuh meliputi kelenturan persendian punggung, lengan, dan leher, kelenturan lutut dengan gerakan , serta kelenturan pergelangan tangan. 

Latihan Kecepatan dan Kelincahan

Kecepatan dan kelincahan merupakan komponen penting dalam
kebugaran jasmani. Kecepatan dan kelincahan berperan penting saat
kamu melakukan aktivitas. 

Latihan kecepatan dapat dilakukan dengan latihan melompati palang, lari cepat. Latihan kelincahan dilakukan dengan latihan lari bolak balik, lari berkelok-kelok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Pembelajaran PJOK KLS 4 Kamisz, 2 Mei 2024

Nama Sekolah   : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung Kelas/Semester     : 4 / 2 Hari/tanggal           : Kamis, 2 Mei 2024 Materi Pembelajaran   : ...