Senin, 26 Mei 2025

kisi kisi SAS (SUMATIF AKHIR SEMESTER) SENIN, 26 MEI 2025

                                                 MATERI PEMBELAJARAN

Hari                               : SENIN

Tanggal                         : 26 Mei 2025

Kelas                             : VI                                                                                                        

Sekolah                         : Sd Al Azhar 1 Bandar Lampung

MATERI                        : kisi - kisi

TUNJUAN

- Agar Peserta didik bisa memahami materi dan mengerjakan soal dengan baik dan benar


Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Selamat pagi anak-anak hebat,
Bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga semuanya dalam keadaan sehat, semangat, dan penuh percaya diri. Hari ini adalah hari yang penting—hari di mana kalian akan menunjukkan hasil dari proses belajar yang telah kalian jalani selama satu semester penuh.

Setiap perjuangan, setiap usaha, dan setiap kerja keras kalian selama ini bukanlah hal yang sia-sia. Hari ini, kalian akan membuktikan bahwa kalian mampu, bahwa kalian siap menghadapi tantangan, dan bahwa kalian terus berkembang menjadi pribadi yang lebih baik.

Ingatlah, nilai bukanlah segalanya. Yang paling penting adalah kejujuran, tanggung jawab, dan kemauan untuk terus belajar. Jadikan SAS ini bukan sekadar ujian, tetapi sebagai bentuk refleksi diri, apakah kita sudah belajar dengan sungguh-sungguh dan memahami apa yang telah diajarkan.

Guru dan orang tuamu bangga dengan setiap langkahmu. Jadi, hadapilah SAS ini dengan tenang, percaya diri, dan penuh doa. Kalian pasti bisa!

Selamat mengerjakan dan semoga sukses!

Untuk membantu kalian mempersiapkan diri dengan lebih baik, Bapak/Ibu menyusun kisi-kisi soal sebagai panduan belajar. Kisi-kisi ini berisi pokok-pokok materi yang akan diujikan, agar kalian dapat belajar secara lebih terarah, fokus, dan percaya diri.

Gunakanlah kisi-kisi ini dengan bijak. Pelajari kembali materi-materi penting yang telah diberikan, perbanyak latihan soal, dan jangan lupa untuk menjaga kesehatan serta berdoa agar diberi kemudahan dan kelancaran saat mengerjakan soal nantinya.

kisi kisi

 

NO

Kompetensi yang Diuji

Lingkup Materi

Materi

Indikator Soal

No

Level Kognitif

Bentuk Soal

 

1

Memahami pengetahuan tentang pemanasan dan pendinginan

Permainan dan olahraga

Gerak pemanasan dan pendinginan

Disajikan sebuah teks, Peserta didik dapat mengetahui tentang pemanasan dan pendinginan

1

L1

PG

2

Memahami pengetahuan tentang pemanasan dan pendinginan

Permainan dan olahraga

Gerak pemanasan dan pendinginan

Disajikan sebuah teks, Peserta didik dapat mengetahui tentang pemanasan dan pendinginan

2

L1

PG

3

Mengidentifikasikan pengetahuan tentang permainan invasi

Permainan dan olahraga

Permainan sepak bola

Disajikan sebuah teks, Peserta didik dapat mengidentifikasi gerak permainan sepak bola

3

L1

PG

4

 

Mengidentifikasikan pengetahuan tentang permainan invasi

Permainan dan olahraga

Permainan sepak bola

Disajikan sebuah teks, Peserta didik dapat mengidentifikasi gerak permainan sepak bola

4

L1

PG

5

 

Mengidentifikasi pengetahuan tentang permainan lapangan

Permainan dan olahraga

Permainan bola kecil

Disajikan sebuah teks, peserta didik dapat mengidentifikasikan gerak dasar permainan bola kecil

5

L1

PG

 

6

Mengidentifikasi pengetahuan tentang permainan lapangan

Permainan dan olahraga

Permainan bola kecil

Disajikan sebuah teks, peserta didik dapat mengidentifikasikan gerak dasar permainan bola kecil

6

L1

PG

7

Mengidentifikasi pengetahuan tentang permainan lapangan

Permainan dan olahraga

Permainan bola kecil

Disajikan sebuah teks, peserta didik dapat mengidentifikasikan gerak dasar permainan bola kecil

7

L1

PG

8

Mengidentifikasi pengetahuan tentang permainan lapangan

Permainan dan olahraga

Permainan bola kecil

Disajikan sebuah teks, peserta didik dapat mengidentifikasikan gerak dasar permainan bola kecil

8

L1

PG

 

9

 

Mengidentifikasi pengetahuan tentang permainan lapangan

Permainan dan olahraga

Permainan bola kecil

Disajikan sebuah teks, peserta didik dapat mengidentifikasikan gerak dasar permainan bola kecil

9

L1

PG

 

10

Mengidentifikasi pengetahuan tentang permainan lapangan

Permainan dan olahraga

Permainan bola kecil

Disajikan sebuah teks, peserta didik dapat mengidentifikasikan gerak dasar permainan bola kecil

10

L1

PG

 

11

 

Mengidentifikasi pengetahuan tentang permainan lapangan

Permainan dan olahraga

Permainan bola kecil

Disajikan sebuah gambar, peserta didik dapat menunjukkan contoh gerak dasar lokomotor dalam permainan bola kecil

11

L1

PG

 

12

 

Menentukan  pola gerak dominan dalam aktivitas senam lantai

Aktivitas Senam

Pola gerak dominan dalam aktivitas senam lantai

Disajikan sebuah teks, peserta didik dapat menentukan nama gerakan.

12

L2

PG

 

13

Menentukan  pola gerak dominan dalam aktivitas senam lantai

Aktivitas Senam

Pola gerak dominan dalam aktivitas senam lantai

Disajikan sebuah teks, peserta didik dapat menentukan nama gerakan.

13

L2

PG

 

14

Menentukan  pola gerak dominan dalam aktivitas senam lantai

Aktivitas Senam

Pola gerak dominan dalam aktivitas senam lantai

Disajikan sebuah teks, peserta didik dapat menentukan nama gerakan.

14

L2

PG

 

15

Mengidentifikasi pengetahuan tentang permainan lapangan

Permainan dan olahraga

Permainan bola kecil

Disajikan sebuah teks, peserta didik dapat mengidentifikasikan gerak dasar permainan bola kecil

15

L1

PG

 

16

Menjelaskan jenis latihan kebugaran jasmani

Aktivitas pengembangan

Kebugaran Jasmani

Disajikan sebuah teks, peserta didik dapat menjelaskan jenis latihan untuk meningkatkan daya tahan tubuh

16

 

L3

 

PG

17

Mengidentifikasi pengetahuan tentang atletik

Permainan dan olahraga

Gerak dasar non-lokomotor

Disajikan beberapa gambar, siswa dapat menyimpulkan gerakan atletik

 

17

L3

PG

18

Menjelaskan jenis latihan kebugaran jasmani

Aktivitas pengembangan

Kebugaran Jasmani

Disajikan sebuah teks, peserta didik dapat menjelaskan jenis latihan untuk meningkatkan daya tahan tubuh

18

L2

PG

19

Menjelaskan jenis latihan kebugaran jasmani

Aktivitas pengembangan

Kebugaran Jasmani

Disajikan sebuah teks, peserta didik dapat menjelaskan jenis latihan untuk meningkatkan daya tahan tubuh

19

L2

PG

20

Menjelaskan jenis latihan kebugaran jasmani

Aktivitas pengembangan

Kebugaran Jasmani

Disajikan sebuah cerita, peserta didik dapat menjelaskan jenis latihan untuk meningkatkan daya tahan tubuh

20

L3

PG

21

Mengidentifikasi bentuk latihan bela diri

Seni bela diri

Pencak silat

Disajikan sebuah teks, Peserta didik dapat menentukan gerak dasar  bela diri

21

L1

PG

22

Menyebutkan jenis gaya renang

Aktivitas Air

Gerak dasar gaya renang

Disajikan sebuah kalimat, peserta didik dapat menjelaskan nama gaya renang

22

L1

PG

23

Menentukan  pola gerak dominan dalam aktivitas senam lantai

Aktivitas Senam

Pola gerak dominan dalam aktivitas senam lantai

Disajikan sebuah teks, peserta didik dapat menentukan nama gerakan.

23

L1

PG

24

Menganalisis  gerakan senam irama

Aktivitas Senam

Pola gerak dominan dalam aktivitas senam irama

 

Disajikan beberapa ilustrasi aktivitas, peseta didik dapat menganalisis gerakan senam irama

24

L1

PG

25

Menganalisis  gerakan senam irama

Aktivitas Senam

Pola gerak dominan dalam aktivitas senam irama

 

Disajikan beberapa ilustrasi aktivitas, peseta didik dapat menganalisis gerakan senam irama

25

L1

PG

26

Menganalisis  gerakan senam irama

Aktivitas Senam

Pola gerak dominan dalam aktivitas senam irama

 

Disajikan beberapa ilustrasi aktivitas, peseta didik dapat menganalisis gerakan senam irama

26

L2

PG

 

27

Menerapkan cara memelihara kebersihan dan kesehatan alat reproduksi

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Kebersihan alat reproduksi

 

Disajikan sebuah ilustrasi, peserta didik dapat menerapkan cara memelihara kebersihan dan kesehatan alat reproduksi

27

L2

PG

 

28

Menerapkan cara memelihara kebersihan dan kesehatan alat reproduksi

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Kebersihan alat reproduksi

 

Disajikan sebuah ilustrasi, peserta didik dapat menerapkan cara memelihara kebersihan dan kesehatan alat reproduksi

28

L2

 

PG

29

Menerapkan cara memelihara kebersihan dan kesehatan alat reproduksi

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Kebersihan alat reproduksi

 

Disajikan sebuah ilustrasi, peserta didik dapat menerapkan cara memelihara kebersihan dan kesehatan alat reproduksi

29

L3

PG

30

Menerapkan cara memelihara kebersihan dan kesehatan alat reproduksi

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Kebersihan alat reproduksi

 

Disajikan sebuah ilustrasi, peserta didik dapat menerapkan cara memelihara kebersihan dan kesehatan alat reproduksi

30

L3

PG

31

Menerapkan cara memelihara kebersihan dan kesehatan alat reproduksi

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Kebersihan alat reproduksi

 

Disajikan sebuah ilustrasi, peserta didik dapat menerapkan cara memelihara kebersihan dan kesehatan alat reproduksi

31

L2

PG

32

Menerapkan cara memelihara kebersihan dan kesehatan alat reproduksi

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Kebersihan alat reproduksi

 

Disajikan sebuah ilustrasi, peserta didik dapat menerapkan cara memelihara kebersihan dan kesehatan alat reproduksi

32

L2

PG

33

Menerapkan cara memelihara kebersihan dan kesehatan alat reproduksi

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Kebersihan alat reproduksi

 

Disajikan sebuah ilustrasi, peserta didik dapat menerapkan cara memelihara kebersihan dan kesehatan alat reproduksi

33

L3

PG

34

Menerapkan cara memelihara kebersihan dan kesehatan alat reproduksi

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Kebersihan alat reproduksi

 

Disajikan sebuah ilustrasi, peserta didik dapat menerapkan cara memelihara kebersihan dan kesehatan alat reproduksi

34

L2

PG

35

 

Menerapkan cara memelihara kebersihan dan kesehatan alat reproduksi

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Kebersihan alat reproduksi

 

Disajikan sebuah ilustrasi, peserta didik dapat menerapkan cara memelihara kebersihan dan kesehatan alat reproduksi

35

L3

PG

36

Menentukan manfaat kebugaran jasmani

Aktivitas pengembangan

Kebugaran jasmani

Disajikan sebuah teks, peserta didik dapat menentukan manfaat latihan kebugaran jasmani

 

1

L2

Isian

37

Menganalisis  kebugaran jasmani

Aktivitas Pengembangan

Pola gerak dominan dalam aktivitas senam lantai

 

Disajikan teks, peseta didik dapat menganalisis jenis latihan kebugaran jasmani

2

L1

Isian

38

Menganalisis  kebugaran jasmani

Aktivitas Pengembangan

Pola gerak dominan dalam aktivitas senam lantai

 

Disajikan teks, peseta didik dapat menganalisis jenis latihan kebugaran jasmani

3

L1

Isian

39

Memahami gerak dasar renang

Aktivitas Air

Gerak dasar gaya renang

Disajikan beberapa gambar, peserta didik dapat menjelaskan gaya renang

4

L2

Isian

40

Menjelaskan tujuan gerakan kaki renang gaya dada

Aktivitas Air

Gaya dalam berenang

Disajikan sebuah ilustrasi, Peserta didik dapat menjelaskan cara mengambil nafas pada saat berenang

5

L1

Isian

41

Menerapkan cara memelihara kebersihan dan kesehatan alat reproduksi

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Kebersihan alat reproduksi

 

Disajikan sebuah ilustrasi, peserta didik dapat menerapkan cara memelihara kebersihan dan kesehatan alat reproduksi

6

L2

Isian

42

Menerapkan cara memelihara kebersihan dan kesehatan alat reproduksi

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Kebersihan alat reproduksi

 

Disajikan sebuah ilustrasi, peserta didik dapat menerapkan cara memelihara kebersihan dan kesehatan alat reproduksi

7

L3

Isian

43

Menerapkan cara memelihara kebersihan dan kesehatan alat reproduksi

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Kebersihan alat reproduksi

 

Disajikan sebuah ilustrasi, peserta didik dapat menerapkan cara memelihara kebersihan dan kesehatan alat reproduksi

8

L2

Isian

44

Menerapkan cara memelihara kebersihan dan kesehatan alat reproduksi

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Kebersihan alat reproduksi

 

Disajikan sebuah ilustrasi, peserta didik dapat menerapkan cara memelihara kebersihan dan kesehatan alat reproduksi

9

L2

Isian

45

Menerapkan cara memelihara kebersihan dan kesehatan alat reproduksi

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Kebersihan alat reproduksi

 

Disajikan sebuah ilustrasi, peserta didik dapat menerapkan cara memelihara kebersihan dan kesehatan alat reproduksi

10

L1

Isian

46

Mengidentifikasi gerak lokomotor

Gerak lokomotor

Gerak lokomotor

Disajikan teks, peseta didik dapat menyebutkan jenis gerak lokomotor

1

L2

Essay

47

Menganalisis  kebugaran jasmani

Aktivitas Pengembangan

Pola gerak dominan dalam aktivitas senam lantai

 

Disajikan teks, peseta didik dapat menganalisis jenis latihan kebugaran jasmani

2

L1

Essay

48

Menganalisis  gerakan senam irama

Aktivitas Senam

Pola gerak dominan dalam aktivitas senam irama

 

Disajikan beberapa ilustrasi aktivitas, peseta didik dapat menganalisis gerakan senam irama

3

L2

Essay

49

Menerapkan cara memelihara kebersihan dan kesehatan alat reproduksi

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Kebersihan alat reproduksi

 

Disajikan sebuah ilustrasi, peserta didik dapat menerapkan cara memelihara kebersihan dan kesehatan alat reproduksi

4

L2

Essay

50

Menerapkan cara memelihara kebersihan dan kesehatan alat reproduksi

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Kebersihan alat reproduksi

 

Disajikan sebuah ilustrasi, peserta didik dapat menerapkan cara memelihara kebersihan dan kesehatan alat reproduksi

5

L2

Essay

 


Kamis, 08 Mei 2025

materi pembelajaran pjok kls 4 kamis, 8 mei 2025

 Hari / tanggal : Kamis, 8 mei 2025

Kelas : 4

Materi : Kebugaran Jasmani

Capaian Pembelajaran :

Pada akhir fase C, peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktikkan modifikasi berbagai aktivitas pola gerak dasar dan keterampilan gerak, dilandasi dengan penerapan konsep dan prinsip gerak yang benar, menerapkan konsep dan prinsip aktivitas untuk pengembangan kebugaran jasmani, serta pola perilaku hidup sehat, menunjukkan perilaku tanggung jawab personal dan sosial dalam jangka waktu yang lebih lama secara konsisten, serta meyakini nilai-nilai aktivitas jasmani.  

Tujuan pembelajaran :

  • Peserta didik melalui pembelajaran penugasan dapat menunjukkan kemampuan dalam memahami dan mampu mempraktikkan aktivitas berbagai bentuk latihan kebugaran jasmani untuk menjaga komposisi tubuh ideal dengan benar melalui latihan kekuatan, daya tahan, dan kelenturan sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki serta mengembangkan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila pada eleman Gotong Royong dan Mandiri dengan meregulasi dan menginternalisasi nilai-nilai gerak seperti: berkolaborasi, kepedulian, berbagi, pemahaman diri dan situasi yang dihadapi, dan meregulasi diri, serta dapat menerapkan pola perilaku hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.

ATP :
  • Menerapkan dan mempraktikkan berbagai bentuk latihan kebugaran jasmani untuk menjaga daya tahan jantung (cardio respiratory).

 

Assalamu‘alaikum warohmatullahi wabarokatuh,

Selamat pagi, apa kabar Anak soleh dan solehah? Semoga kita semua selalu dalam lindungan allah Sehat wal afi"at. kita sama sama berjuang untuk dapat memberikan pendidikan yang menyenangkan bagi anak-anak kita tercinta.

Pengertian Kebugaran Jasmani

Secara umum, pengertian kebugaran jasmani adalah kemampuan seseorang untuk menjalankan aktivitas kehidupan sehari-hari dengan ringan dan mudah tanpa merasakan kelelahan yang berarti serta masih mempunyai cadangan tenaga untuk melakukan kegiatan yang lain.


Manfaat kebugaran jasmani

  • Meningkatkan sirkulasi darah dan sistem kerja jantung.
  • Meningkatkan stamina dan kekuatan tubuh.
  • Memiliki kemampuan pemulihan organ tubuh secara tepat.
  • Memiliki respons tubuh yang cepat dan      tepat.
  • Mengurangi risiko kelebihan berat badan atau obesitas.
  • Mencegah penyakit jantung.
  • Menurunkan tekanan darah tinggi.
  • Mengatasi depresi.
  • Meningkatkan energi.
  • Terhindar dari penyakit osteoporosis atau tulang keropos.
  • Meningkatkan daya tahan tubuh.

Unsur-unsur kebugaran jasmani

Adapun unsur-unsur kebugaran jasmani, di antaranya yaitu:

  • Kekuatan (Strength)
  • Daya Tahan (Endurance)
  • Daya Otot (Muscular Power)
  • Kecepatan (Speed)
  • Daya Lentur (Flexibility)
  • Kelincahan (Agility)
  • Koordinasi (Coordination)
  • Keseimbangan (Balance)
  • Ketepatan (Accuracy)
  • Reaksi (Reaction)

Anak-anak yang shaleh dan shalehah, mungkin untuk materi hari ini kita cukupkan sampai disini.
Sebelum kita menutup pelajaran kita hari ini, marilah bersama-sama kita ucapkan Hamdalah

الحَمْدُ لِلهِ رَبِّ العَالَِميْنَ
Alhamdulillahi Robbil 'Alamiin


Tetap semangat dan sehat selalu ya anak shaleh dan shalehah, aamiin...

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

materi pembelajaran pjok kls 6 Kamis 11 september 2025

                      MATERI PEMBELAJARAN Hari                               : Kamis  Tanggal                         : 11 September 2025 Ke...